Tuesday, June 26, 2012

Tren kamera dan lensa 2012

Awal tahun ini cukup banyak kamera dan lensa baru yang diumumkan. Dari sana, kita bisa melihat tren kamera dan lensa untuk tahun ini dan kedepannya. 1. Teknologi sensor foto semakin meningkat
Seiring dengan waktu berjalan, resolusi foto meningkat. Contohnya Kamera DSLR Nikon, dari 12 MP (2008) menjadi 16 MP (2010) , 24 & 36 MP (2012). Produsen lain juga perlahan-lahan meningkatkan resolusi fotonya seperti Panasonic dan Olympus yang bertahan cukup lama di kisaran 12 MP kini menjadi 16 MP. Hanya Canon yang masih agak berhati-hati dan bertahan di 18 MP dan 22 MP.
Peningkatan resolusi foto juga diimbangi dengan teknologi peredam noise sehingga di ISO tinggi, kualitas foto sedikit lebih baik dari kamera pendahulunya. Ada juga desain sensor tanpa filter AA yang digunakan oleh Fujifilm yang dinamakan teknologi Fuji X-Trans, dan Nikon D800E, yang meningkatkan ketajaman foto. Cocok untuk foto pemandangan atau studio.
Peningkatan kualitas sensor foto ini tentunya kabar yang menggembirakan. Namun untuk memanfaatkannya secara maksimal, kita membutuhkan lensa yang lebih bagus juga. Jika tidak, kualitas foto tidak tajam.
2. Teknologi lensa dioptimalkan untuk video
Lensa-lensa yang dikenalkan belakangan ini sudah cepat dan tidak berisik saat fokus. Selain itu, ada beberapa lensa yang memiliki fitur zoom dengan tuas secara elektronik seperti lensa Panasonic X 14-42mm,, 45-175mm dan Olympus 12-50mm f/3.5-6.3 . Dengan mengunakan teknologi seperti ini, saat merekam video, zoom lensa akan jauh lebih mulus dan tidak bersuara. Kedepannya, mungkin akan lebih banyak lagi lensa yang dioptimalkan untuk merekam video.
Olympus 12-50mm memiliki fitur yang cukup lengkap: Power zoom, macro, tahan air&debu. Cocok untuk foto atau video
3. Konektifitas Internet
Di era kehidupan serba terhubung ke internet ini, kamera DSLR sebenarnya sudah cukup ketinggalan dalam hal konektivitas dibanding ponsel. Di awal tahun 2012, kita mulai melihat beberapa produk yang memiliki fitur WiFi yaitu Nikon D3200 (dengan adapter), dan generasi baru Samsung NX (NX1000, NX20, NX210). Fitur ini memungkinkan kita untuk upload foto langsung dari kamera ke internet / media sosial (facebook, flickr, instagram dll).

No comments:

Post a Comment

Please leave a comment