Thursday, June 21, 2012

Rainbow Cake & Red Velvet : The Popular Social Media Cake



Kue apa sih yang paling happening di dunia maya saat ini? Sayangnya bukan Serabi atau Lapis Surabaya, tapi Rainbow Cake dan Red Velvet. Initialers udah pernah cicip?
Tiap hari buka Facebook, Twitter atau Instagram mesti ketemu temen2 yang upload foto Rainbow Cake. Warnanya memang eye catching, akibatnya jadi sasaran empuk ‘Like this’ hehe.. Kue pelangi ini umumnya 6 tingkat dengan warna Red (atau Pink), Orange, Yellow, Green, Blue dan Purple.
Tapi ga berhenti disana, ada yang bikin bahkan sampe 8 warna, jadi lebih tinggi dan gradasi warnanya lebih cakep. Soal ketebalan cream-nya juga macem2. Ada yang cuma tipis2, ada yg tebel. Ada yang pake Buttercream biasa, ada yg pake Cream Cheese. One Rainbow Cake, various styling.
Martha Stewart Rainbow Cake
Kue warna warni ini pertama kali dikenal di USA, buat kue ultah anak-anak. Konon popularitasnya melejit karena resep dari Kaitlin Flannery yg diadopsi oleh Martha Stewart –yang jago banget urusan makanan cantik. BOOM! Seantero dunia pun kini tergila-gila pelangi.
Tua muda bakalan suka warnanya. Yg muda, pasti suka warna2 cerah.. yg *ahem* tua senior bakalan nostalgia kembali dgn hype warna2 rainbow pada era 70’s *ingat logo Apple yg lama?*
Soal rasa, oh well.. Jie baru coba satu kali. Seperti kue lapis biasa, I found nothing really special about Rainbow Cake, except the attractive color. Oya, gw dilarang beli lagi sama mama, dia ngeri sama warnanya
Jenis cake kedua yg juga jadi idola saat ini adalah Red Velvet. Hasil google sana dan yahoo sini, ga menemukan penyebab resmi epidemi ini berasal. Kebanyakan sumber cuma menyatakan Red Velvet populer karena warna merahnya yang cakep.
Nah, sama dgn Rainbow Cake, Red Velvet ini juga ada beberapa versi. Versi awal menyatakan kalo warna merah pada kue Red Velvet didapat dari reaksi bahan coklat, buttermilk dan vinegar. Versi lain, warna merahnya di dongkrak pake pewarna makanan. Atau versi pewarna naturalnya dengan beetroot.
Red Velvet Cake
Kalo soal rasa, I appreciate Red Velvet far better than Rainbow Cake. Rasa coklatnya tipis kalem aja, ga segarang Black Forest. Ada gurihnya (aneh tapi menarik!), lalu ada rasa nutty dari taburannya.

The Perfect Cake is…

Meskipun Rainbow Cake dan Red Velvet ini dua jenis kue yg sama sekali berbeda. Tapi ada satu kesamaan yg wajib dimiliki keduanya: potongannya harus RAPI. Lho kenapa? Keduanya adalah kue ‘eksis’ dan ‘narsis’. Tentunya sangat lengket sama urusan foto (dan upload), nah biar cakep di foto, maka maklumlah jika syaratnya harus rapi. Rasa? Itu nomer dua.
Overall, in my humble opinion, Rainbow Cake dan Red Velvet adalah kue sensasi, kue ngeksis dan kue ‘marketing’. Yes it’s fancy and beautiful, tapi kita lihat aja apakah bisa awet atau hanya tren sesaat..

No comments:

Post a Comment

Please leave a comment